Bahaya Yang Terdapat Pada Pakaian Baru

By 11:50 PM , , , ,


Bahaya Yang Terdapat Pada Pakaian Baru. Baju yang baru di beli mengalami proses yang sangat panjang sebelum sampai ke tangan kita. Di mulai dari proses pemintalan benang, proses membuat kain, pewarnaan tekstil, pemotongan kain, penjahitan, proses mengemas barulah kemudian di distribusikan ke toko – toko yang kemudian kita beli. Semua proses yang di lakukan tersebut memakai zat kimia dan tentu menempel atau meninggalkan sisa di pakaian.

Ada dua Zat kimia yang memicu alergi pada pakaian baru yaitu pewarna pakaian dan resin formalyde. Untuk pewarna pakaian yang biasa digunakan adalah pewarna azo-anilin yang dapat membuat kulit bercak gatal, kulit kering bahkan peradangan. Apalagi terkena kulit anak – anak yang notabenenya adalah memiliki kulit yang sensitif. Sedangkan resin formalyde biasa digunakan untuk mencegah campuran katun dan polyster berkerut serta membatasi tumbuhnya jamur.

Pernahkah kamu mencoba mencium aroma pakaian baru yang kamu beli ? maka akan tercium aroma yang khas, aroma khas  itu adalah bau  pabrik atau yang lebih tepatnya adalah  aromat dari campuran berbagai zat pewarna tekstil, zat pemutih pakaian dan lainnya. Belum lagi ditambah sudah berapa banyak yang sudah mencoba pakaian yang di pajang pada etalase toko itu, tentu sangat banyak bukan. Sebelum akhirnya kita membeli pakaian tersebut telah ada puluhan bahkan ratusan orang yang telah mencoba pakaian itu, setiap orang yang telah mencoba telah meninggalkan noda, keringat atau bahkan make up.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Philip M. Tierno, Ph.D yaitu seorang Clinical Profesor Of Microbiology And  Pathology menemukan banyak bakteri dan kuman yang tertinggal pada sampel pakaian baru seperti baju, celana, bahkan celana dalam yang dijual di toko. Di temukan bekas ludah, bakteri kulit, sisa kotoran manusia bahkan ada bakteri yang biasanya ada di vagina para wanita pada pakaian tersebut.

Sehingga setelah membaca hal yang ada diatas, agar kita terhindar dari gangguan kesehatan karena pakaian baru tersebut maka sebaiknya melakukan hal yang berikut ini :

1. Saat akan membeli pakaian baru sebaiknya selalu meminta stock yang baru, masih dalam lipatan dan belum ada yang mencoba. Pakaian yang dipajang atau di gantung adalah pakaian yang palimg sering dicoba oleh para calon pembeli.

2. Sebelum memakai pakaian baru tersebut sebaiknya di cuci terlebih dahulu menggunakan detergen anti kuman dan bakteri dan direndam selama satu jam.

3. Jika pakaian baru tersebut tahan akan panas, akan lebih baik jika pakaian tersebut direndam  dengan air panas untuk mematikan kuman dan bakteri yang ada.

4. Jangan lupa untuk menyikat dan mengucek bagian lipatan leher, ketiak, paha dalam dan bagian lainnya, karena di bagian tersebutlah yang paling banyak terdapat kuman dan bakteri.

Walaupun pakaian baru terlihat bersih tetapi kenyataannya terdapat banyak bakteri dan zat kimia yang tertinggal yang dapat membahayakan kesehatan, jadi mulai sekarang selalu cuci pakaian yang baru terlebih dahulu ya.

You Might Also Like

0 comments