7 Tips Cara Mengatasi Sifat Lupa

By 9:38 PM , , , ,



7 Tips Cara Mengatasi Sifat Lupa. Lupa adalah salah satu sifat manusiawi yang  banyak dialami oleh orang banyak sekarang ini. Faktor usia memang menjadi salah satu penyebab sifat Lupa, tetapi sekarang ini banyak yang masih remaja dan usia belia sudah mengalami sifat Lupa. Istilah yang dipakai untuk itu disebut dengan Pikun Dini. Lupa dapat di definisikan sebagai hilangnya kemampuan untuk mengenal atau mengingat sesuatu yang pernah dipelajari atau dialami. Untuk mengatasinya  berikut 7 Tips Cara Mengatasi Sifat Lupa :

1.      Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3 dan DHA
Kamu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan DHA seperti ikan salmon dan yoghurt. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut akan mengurangi sifat pelupa ingatan karena usia, mengurangi resiko kepikunan dini, depresi, dan mempercepat daya ingat.

2.      Membaca
Dengan membaca setiap hari ternyata terbukti dapat mempertajam daya ingat. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk membaca setiap hari mulai sekarang. Selain mempertajam daya ingat, dengan membaca juga melatih otak untuk mengingat hal – hal baru dari buku yang kita baca. Cara ini secara ilmiah telah terbukti dapat mempertajam.

3.      Membuat Catatan atau Note
Sebagai langkah – langkah antisipasi dari sifat Lupa, kamu bisa menyiapkan satu buku untuk mebuat catatan yang dapat membantu mengingatkan. Tulislah hal – hal yang penting menurut Kamu pada buku tersebut dan bawa buku itu kemana pun kamu pergi.

4.      Olahraga
Melakukan olahraga secara rutin dapat memperbanyak oksigen pada otak dan dapat membuat tubuh menjadi bugar. Serta dapat membantu pertumbuhan sel – sel baru yang dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif sebanyak 30%. Jadi, setidaknya melakukan olahraga tiga kali seminggu dengan jangka waktu selama 2 jam untuk mendapatkan manfaatnya.

5.      Istirahat yang Cukup
Sebisa mungkin untuk istirahat yang cukup, agar  pada keesokan harinya anda lebih fit dan segar. Sebelum tidur malam coba biasakan untuk mengkonsumsi 1 gelas air putih, kemudian pagi harinya mengkonsumsi 2 gelas air putih. Air putih bermanfaat untuk membatu memulihkan kondisi tubuh kita sehingga daya ingat menjadi normal.

6.      Sering Mengulang – Ulang yang Telah Diingat
Cobalah untuk sering mengulang – ulang apa yang telah kamu ingat sebelumnya. Dengan cara berlatih seperti ini di harapkan kamu tidak akan lupa lagi,  atau bisa juga meminta orang terdekat kamu untuk membantu mengingatkan. Keluarga dan teman dapat membantu mengingatkan bilamana kamu lupa terhadap sesuatu.

7.      Jangan Panik
Sikap panik ketika kamu lupa menaruh barang  atau melupakan hal yang penting untuk diingat justru malah akan membuat kamu semakin lupa. Jadi, sebaiknya jangan sampai merasa panik dan kesal. Kamu perlu menarik nafas dalam – dalam dan tenangkan diri sejenak, karena dengan fikiran yang tenang kamu dapat mengingat dengan lebih baik.

Sekian  7 Tips Mengatasi Sifat Lupa yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan dapat di praktekkan langsung.

You Might Also Like

0 comments