7 Tips Bagi Pendaki Pemula

By 10:00 PM , , , , ,




7 Tips Bagi Pendaki Pemula. Mendaki gunung sama halnya seperti kegiatan petualangan lainnya, dan merupakan salah  satu olahraga yang berat. Di butuhkan tubuh yang fit dan prima. Pendaki yang baik akan sadar bahwa banyak bahaya yang  menghadang  seperti udara yang dingin, hujan yang datang secara tiba – tiba, dan curamnya pijakan yang memungkinkan  membuat kita jatuh. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Maka untuk membantu  akan di berikan 7 tips bagi pendaki pemula sebagai berikut :

1. Pelajari Lokasi Gunung yang Akan Didaki
Persiapan yang paling penting adalah mempelajari  medan dan lokasi gunung tujuan kamu. Karena setiap gunung mempunyai jalur pendakian yang berbeda – beda.


2. Latihan Fisik
Sebelum mendaki kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga selama beberapa minggu, contohnya Jogging. Jalur yang menanjak, udara dingin, dan oksigen yang menipis akan  jadi halangan terberat kamu saat mendaki nanti. Itulah kenapa olahraga yang rutin dan teratur dapat membantu kamu agar tidak kaget saat mendaki nanti.


3. Sediakan Peralatan yang Dibutuhkan
Peralatan yang umum dan harus di bawa untuk mendaki adalah tas Carrier,  Sepatu Mendaki, Jaket, Pisau Lipat, Jas Hujan, Senter, Kompas, Alat Memasak dan Perlengkapan P3K. Dan jangan lupa membawa Matras, Tenda, serta Sleeping Bag.


4. Mendaftar di Balai Taman Nasional
Beberapa gunung memiliki tempat perizinan yang mengharuskan para pendaki untuk mendaftarkan diri. Hal ini sangat penting karena kamu harus terdaftar secara legal. Dan patuhi peraturan yang telah di tetapkan oleh mereka.


5. Jaga Barang Berharga
Tentu kamu ingin tetap membawa Handphone dan Kamera untuk mengabadikan moment ketika berada di atas gunung. Maka ada baiknya untuk mematikan Handphone dan Kamera serta menaruhnya di dalam plastik untuk melindungi dari rembesan air.


6. Mencintai Alam
Ingatlah untuk tidak mengambil sesuatu kecuali foto, dan tidak meninggalkan sesuatu kecuali jejak kaki. Jangan mengotori lingkungan gunung dengan sampah yang kita bawa dan tetap menjaganya.


7. Jangan Lupa Berdoa dan Sopan
Coba untuk membiasakan berdoa terlebih dahulu sebelum memulai mendaki  gunung. Agar kita bisa selamat sampai ke tujuan dan tidak mengalami hambatan yang berat. Usahakan untuk tetap bertindak sopan dan tidak berbicara yang kasar.

You Might Also Like

0 comments